Survei Indikator Prabowo-Sandiaga

Survei Indikator baru saja merilis hasil survei terbaru terkait capres dan cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2019 nanti pada bulan April. Secara umum, Jokowi masih menjadi calon yang paling diunggulkan dengan elektabilitas tertinggi yakni diangka 57.7%. Namun meski suara Jokowi unggul mutlak dari Prabowo, hal ini nyatanya menjadi catatan alarm bagi tim pemenangan Jokowi karena tren yang ada selalu menurun dari beberapa survei yang sudah dilakukan sebelumnya.

Survei Indikator

Penurunan tren elektabilitas Jokowi memang sudah terjadi semenjak Maret 2018 dimana sebelumnya Jokowi meraih 60% suara elektabilitas berdasarkan metode survei yang sama. Sedangkan suara Prabowo-Sandiaga naik, namun masih belum begitu signifikan, di beberapa survei pasangan nomor urut 2 di Pilpres nanti ini mendapatkan angka yang tinggi, dan dibeberapa survei lainnya lebih rendah. Hal ini menyebabkan ketidakstabilan eletabilitas yang masih belum menemukan pola terbaik.

Namun yang jelas, dengan tren penurunan elektabilitas di kubu Jokowi-Ma'ruf, kubu Prabowo-Sandiaga masih memiliki sejuta waktu untuk memperbaiki posisi dan menaikkan elektabilitas mereka menjelang Pilpres yang akan diadakan beberapa bulan mendatang ini. Selisih yang tercipta saat ini cukup jauh, namun masih ada suara abu-abu yang bisa diperebutkan kembali oleh kedua pasangan tersebut. Dapat dipastikan bahwa pilpres nanti akan kembali menyajikan pertarungan yang sengit untuk kembali memperebutkan RI 1 di 2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan