Indikator Jumlah Penduduk Jawa Barat Terbaru

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi terpadat di pulau jawa dengan jumlah penduduk di angka 46.7 juta di tahun 2015. Jumlah Penduduk Jawa Barat diperkirakan akan meningkat hingga 57.1 juta di tahun 2035 yang disebabkan oleh pertumbuhan penduduk tahunan hingga beberapa faktor lainnya seperti imigrasi dan percepatan pembangunan wilayah hunian.

Jumlah Penduduk Jawa Barat
Jumlah Penduduk Jawa Barat
Menurut data BPS, Jumlah Penduduk Jawa Barat akan mengalami pertumbuhan sekitar 32 persen pada kurun waktu 25 tahun mendatang. Laju pertumbuhan poplasi tersebut sekitar 1,56% per tahun dan akan terus menurun hingga 0,69% pada tahun 2035. Secara umur, 68,2% penduduk jawa barat ada di usia produktif yakni 15-64 tahun sedangkan sisanya merupakan usia muda 0-14 dan diatas 65 tahun.

Jika berbicara mengenai gender, maka jawa barat hampir seimbang antara penghuni laki-laki dan wanita dengan laki-laki unggul tipis di angka 50,2% pada tahun 2035. Jumlah penduduk jawa barat ini masih menjadi prediksi dan ada kemungkinan akan lebih besar atau lebih kecil tergantung dengan bagaimana siklus berjalan. Namun dengan luas provinsi yang ada, kepadatan penduduk di wilayah barat jawa ini akan semakin padat oleh karena itu tata ruang dan pemaksimalan lahan perlu untuk diperbaiki. Jawa Barat juga merupakan wilayah penyangga Ibukota Jakarta dengan Bekasi dan Karawang yang saat ini menjadi wilayah industri yang sangat padat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan