Tingginya Jumlah Penduduk Jawa Timur

Jawa Timur adalah wilayah yang cukup luas dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Bila dibandingkan dengan beberapa provinsi padat penduduk lain di Indonesia, Jawa Timur ini memiliki lebih banyak kota yang mendukung untuk industri, hunian dan pariwisata. Tak heran jika Jawa Timur ini menjadi wilayah yang paling merata penyebaran penduduknya dan juga konsentrasinya yang tidak hanya di kawasan ibukota wilayah saja. Surabaya menjadi kota yang paling banyak dihuni yang merupakan kota terpadat kedua setelah Jakarta untuk negara Indonesia.

Jumlah Penduduk Jawa Timur
Jumlah Penduduk Jawa Timur
Berdasarkan data proyeksi penduduk Indonesia yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2013, jumlah penduduk jawa timur saat ini mencapai 37,47 juta yang akan naik hingga 40 juta di tahun 2020 nanti. Ledakan jumlah penduduk di Jawa Timur sebenarnya menurun akibat meningkatnya taraf hidup masyarakat seperti pendidikan yang lebih baik, pelaksanaan program KB serta gaya hidup yang lebih terkontrol.

Jawa Timur telah lama menjadi potret pelaksanaan program pengendalian penduduk oleh pemerintah karena jumlah populasi yang ada saat ini sangat tinggi. Jadi jika tidak ada kontrol melalui berbagai program variatif pemerintah, ditakutkan jawa timur akan menjadi wilayah yang tak terkontrol secara sumber daya manusia sehingga akan mengancam kesejahteraan masyarakatnya itu sendiri. Berdasarkan gender, perempuan masih mendominasi dengan jumlah penduduk yang sebesar 20,19 juta jiwa, sementara laki-laki akan mencapai jumlah 19,69 juta jiwa di tahun 2020. Kemudian dari usia muda, jawa timur memiliki angka yang tinggi yakni sebesar 21,9% sedangkan usia produktif mencapai 69.5%.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan