Megahtrust Selatan Jawa yang Mengancam

Wilayah Selatan Indonesia memang dikenal memiliki ribuan gunung aktif serta lempeng bumi yang terus bergerak sehingga kemungkinan terjadinya bencana seperti Gempa Bumi, Gunung Meletus, dan Tsunami sangat Tinggi. Megahtrust selatan Jawa sangat terkenal karena dapat mengancam wilayah ibukota Jakarta. Isu pemindahan Ibukota Negara bukan karena tanpa alasan, namun memang lebih karena potensi bencana di jawa yang sangat tinggi mengingat tingginya aktivitas lempeng tektonik yang berada di selatan jawa, sumatera, bali hingga selatan maluku.

Megathrust

Dampak yang diberikan oleh adanya aktivitas ini akan sangat dirasakan oleh seluruh penghuni pulau jawa terutama di daerah rawan gempa seperti di kawasan pantai selatan hingga selat Sunda. Jakarta sendiri merupakan kota metropolitan yang sangat padat dan jantung ekonomi Indonesia, hal-hal seperti bencana ini jika benar-benar terjadi dikhawatirkan dapat menyebabkan kelumpuhan ekonomi sementara yang berimbas ke banyak hal. Oleh karena itu, pemerintah sudah seharusnya bersiap diri untuk kemungkinan terburuk, karena akhir-akhir ini gempa sering terjadi dan lebih sering dari waktu-waktu sebelumnya.

Megathrust menjadi ancaman, namun bukan berarti menjadi sesuatu yang buruk selamanya, yang paling utama dari semua ini adalah bagaimana cara untuk menciptakan solusi dari potensi yang ada. Tentu saja bisa melihat Jepang yang merupakan salah satu negara yang paling sering mengalami gempa, namun tetap tak melumpuhkan ekonomi negara tersebut. Hal positif lainnya yakni dengan banyaknya gunung aktif di suatu daerah, maka kekayaan alam serta kesuburan tanahnya akan makin tinggi yang membuat sebuah keuntungan dari segi produktivitasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan