Kota Metropolitan dan Kepadatan Jakarta

Ibukota negara DKI Jakarta merupakan kota metropolitan dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Lantas berapa sih kepadatan penduduk di wilayah ini? Sesuai data BPS yang terbaru, kepadatan penduduk jakarta mencapai 15.663 jiwa/km persegi. Angka ini naik 0,93% dibandingkan tahun sebelumnya. Jika dilihat dari luas wilayah, maka Kepadatan Penduduk Jakarta merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan yang lainnya.


Luas Wilayah DKI Jakarta ini sendiri yakni sebesar 662.3 km persegi, sementara secara total, jumlah penduduknya sekitar 10,37 juta jiwa, jadi bisa dikatakan jika wilayah Jakarta saat ini sangat padat. Ditambah laju pertumbuhan penduduk Jakarta yang sekitar 1.06% per tahun, atau artinya pada tahun 2030 mendatang jumlah penduduk jakarta akan berada di angka 12-13 juta.

Lantas apa yang membuat Jakarta begitu padat? Selain karena ibukota negara, Jakarta merupakan pusatnya bisnis dan lapangan pekerjaan. Jika ditambahkan dnegan urbanisasi harian dari kota-kota penyokong Jakarta, maka wilayah ini akan sangat padat di siang hari, ketimbang di malam harinya. Jakarta menjadi momok nomor satu terkait kepadatan lalu lintasnya terutama karena padatnya jumlah kendaraan yang tiap harinya lalu lalang di Jalanan ibukota. Hal itu membuat Jakarta menjadi lebih kelihatan padat di segala penjuru. Andai transportasi massal benar-benar bisa dimanfaatkan oleh penduduk Jakarta dan meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi, maka setidaknya akan mengurangi kepadatan di wilayah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan