Papua Kini Bisa Semakin Maju Berkat Dibangunnya Gardu Listrik Raksasa

Gardu Listrik sebesar 150 kilo Volt telah mampu membuat Papua menjadi lebih terang. Gardu Listrik raksasa ini menghabiskan biaya hingga ratusan miliar rupiah untuk pembangunannya. Namun berkat itu semua, kini papua dapat menikmatinya menjadi daerah yang lebih terang dari sebelumnya. Infrastruktur kelistrikan ini merupakan program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional untuk capaian pertumbuhan ekonomi.

Gardu Listrik

Pembangkit listrik yang memiliki kapasitas sebesar 150kV ini memiliki tiga sistem yakni GI 150Kv jayapura, Holtekamp dan Holtekamp-Jayapura.Ketiganya diproteksikan akan mampu mengaliri listrik ke 1200 desa yang ada di Papua. Dari data yang ada, rasio elektrifikasi papua barat terus meningkat setelah sebelumnya menjadi salah satu yang terendah. Dari data PLN, diproyeksikan pada tahun 2019 rasio elektrifikasi Papua Barat bisa mencapai 93.6 persen sedangkan secara keseluruhan 77.8 persen.

Rasio elektrifikasi ini sangat diprioritaskan oleh pemerintah karena menjadi salah satu tolak ukur pembangunan yang merata di seluruh Indonesia. Dengan adanya listrik, kegiatan ekonomi masyarakat papua juga akan semakin membaik sehingga kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional akan meningkat. Secara manfaat ekonomi, pembangunan Gardu Listrik raksasa ini menghemat PLN hingga 8,7 miliar dengan target investor sebanyak 2000 investor. Dan semoga ini menjadi titik awal daru Papua untuk bangkit menjadi daerah yang lebih maju dan mampu bersaing dengan daerah lainnya yang sudah terlebih dahulu mendapatkan treatmen dari pemerintah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan