Krisis Ekonomi di Indonesia

Krisis Ekonomi adalah suatu keadaan yang tak pernah ingin lagi dihadapi oleh negara kita Indonesia. Pada tahun 1998, krisis ini membuat Indonesia kehilangan kontrol atas harga, inflasi, dan pada akhirnya menggulingkan era kepemimpinan soeharto. Krisis Ekonomi biasanya ditandai dengan melemahnya mata uang yang tak normal, pelemahan ini akibat kegiatan ekonomi yang ada dalam suatu negara mengalami kekacauan. Dan menariknya, hal tersebut seakan terulang di tahun 2008 meskipun tak separah era 1998.

Krisis Ekonomi
Krisis Ekonomi
Penyebab dari adanya krisis ini bisa karena banyak hal yakni faktor internal kondisi negara itu sendiri atau faktor global yang memaksa suatu negara terseret didalamnya. Saat ini di 2018, tepat 10 tahun setelah era krisis ekonomi 2008 berlalu, ekonomi di tahun ini amat begitu sulit diprediksi. Ditambah nilai tukar rupiah yang terus merosot sehingga mengakibatkan banyak kekhawatiran dari orang-orang terkait kemungkinan terjadinya krisis lanjutan seperti yang terjadi di masa lampau.

Namun apakah benar demikian? Banyak hal dan faktor yang bisa menjawab pertanyaan ini. Namun satu hal yang pasti, kondisi real saat ini tak bisa disamakan lagi dengan krisis 10 atau 20 tahun yang lalu ini. saat ini meski rupiah terpuruk ke level paling tinggi, namun inflasi masih mampu ditahan dan gejolak kenaikan harga pangan umumnya terkendali. Lantas apa yang menyebabkan kondisi rupiah ini makin buruk? Hal ini karena terjadi pelemahan ekonomi secara global, dimana bukan hanya rupiah saja yang mengalami penurunan. Namun hampir di semua negara. Jadi bisa dipastikan bahwa krisis ekonomi yang dikhawatirkan tidak mungkin terjadi di tahun ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan