Pengangguran di Indonesia yang Terbaru

Kenaikkan investasi yang terjadi di Indonesia berkat naiknya peringkat utang Indonesia oleh Fitch Rating dan beberapa lembaga internasional lainnya memberi lebih banyak nafas kepada tenaga kerja di Indonesia. Khususnya karena penambahan investasi ini dibarengi dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang cukup banyak. Jadi, bisa diartikan bahwa pengangguran bisa sedikit berkurang akibat adanya investasi yang masif.

Pengangguran

Namun, apakah permasalahan pengangguran benar-benar teratasi? Satu hal yang pasti, pengangguran disebabkan oleh berbagai hal seperti angka usia produktif yang tinggi dan pembukaan lapangan kerja. Jika dua hal tersebut tidak seimbang, maka dipastikan akan masih ada pengangguran. Namun apakah pengangguran ini baik? Jelas, tidak ada pengangguran yang positif, namun dalam artian lain benar-benar orang yang menganggur tanpa bekerja karena memang belum menemukan pekerjaan. Apabila orang tersebut menganggur karena suatu alasan, misalnya alasan kesehatan, sengaja menganggur, dan setengah menganggur seperti freelance, maka angka ini masih bisa diatasi dan tak menimbulkan efek negatif.

Pengangguran harus dibatasi dan dikurangi agar kesejahteraan setiap orang bisa terjaga dengan baik. Kunci kesuksesan suatu negara adalah dengan meminimalisir angka pengangguran. Dan nampaknya jika Indonesia benar-benar mampu membenahi hal ini, maka bukan hal yang luar biasa bila pada akhirnya negara kita bisa mampu melewati level negara maju lainnya yang sudah terlebih dahulu memiliki segala konsep untuk membuat kehidupan di negaranya menjadi lebih seimbang dan kompetitif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan