Lakukan 3 Cara Ini untuk Cegah Luka Diabetes

Pasti setuju kan kalau dibilang diabetes itu bisa berdampak kemana-mana. Ya, salah satunya dapat menyebabkan luka diabetes. Luka diabetes sangat rentan terjadi pada kaki.

Luka Diabetes
Luka Diabetes
Apa sebenarnya penyebab luka diabetes dan bagaimana cara mencegahnya? Mari simak artikelnya sampai tuntas berikut.

Apa Penyebab Luka Diabetes?

Kadar gula darah yang tinggi terus dalam waktu lama dapat merusak banyak area tubuh termasuk kaki. Luka diabetes adalah penyebab lebih dari 50% kasus amputasi kaki di Amerika Serikat.

Semakin lama, penderita diabetes mengalami kerusakan saraf yang menyebabkan rasa baal pada kaki. Ini menyebabkan mereka sering tidak menyadari bahwa ada luka di kakinya.

Selain itu, luka diabetes sulit sembuh  karena diabetes juga menyebabkan gangguan pada pembuluh darah.Gangguan pembuluh darah ini menyebabkan peredaran darah ke kaki terhambat. Inilah yang menyebabkan luka diabetes sulit sembuh.

Bila lukanya dibiarkan saja, akan terjadi borok yang dalam sampai terjadi infeksi serius yang menyebabkan butuh tindakan amputasi.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Luka Diabetes pada Kaki?

Beruntungnya, komplikasi di atas dapat dicegah. Berikut adalah langkah merawat kaki yang harus dilakukan penderita diabetes untuk mencegah luka diabetes.

1. Observasi dan Lihat Keadaan Kaki Anda Setiap Hari
Seperti disebutkan sebelumnya, penderita diabetes seringkali mengalami baal pada kaki yang menyebabkannya sering tidak sadar ada luka yang terjadi.
Karena itu penting sekali bagi penderita diabetes memeriksa setiap hari keadaan kakinya. Lihat apakah ada luka terbuka, lepuh, pembengkakan, atau masalah kuku seperti cantengan atau kapalan.
Anda dapat menggunakan kaca pembesar untuk melihat adakah luka pada telapak kaki. Bila melihat ada luka, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk merawat luka tersebut.

2. Bersihkan Kaki dengan Air Hangat Dan Jaga Kelembaban Kaki
Kebersihan penting adalah hal yang wajib bagi penderita diabetes. Sebaiknya gunakan air hangat kuku, ketika membersihkan kaki Anda. Setelah membersihkan kaki, gunakan pelembab sekitar kaki untuk menjaga agar kulit tidak mudah gatal dan kering sehingga tidak mudah pecah- pecah.
Hindari menggunakan pelembab di sekitar jari-jari kaki karena menyebabkan lebih beresiko tinggi infeksi jamur.

3. Selalu Gunakan Alas Kaki.
Ini yang paling penting. Selalu gunakanlah alas kaki ketika berjalan agar melindungi kaki dari luka.
Inilah 3 langkah penting yang penting diketahui bagi penderita diabetes agar terhindari dari luka diabetes.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan