Kanker Ovarium Biasanya Baru Terdeteksi pada Stadium 3

Kanker ovarium dapat menyerang seluruh wanita dan seringkali pada stadium awal gejala kanker ovarium tidak disadari. Hal ini menyebabkan kanker ovarium seringkali telat terdeteksi.
kanker ovarium
kanker ovarium
Dalam dunia medis, dikenal 4 stadium untuk kanker. Stadium ini digunakan untuk menunjukkan perkembangan dan penyebaran dari kanker. Kurang lebih sebanyak 60% kanker ovarium baru disadari pada saat stadium 3.
Seperti apa stadium 3 pada kanker ovarium?
Pada stadium ini, kanker ovarium dapat berada di salah satu atau kedua sisi ovarium. Selain itu, pada stadium 3 kanker ovarium telah menyebar di luar panggul, ke dalam rongga perut, permukaan hati, atau ke kelenjar getah bening di sekitar ovarium. Kanker ovarium stadium 3 juga seringkali disebut sebagai kanker ovarium lanjut karena sudah menyebar jauh dari ovarium.
Wanita yang didiagnosis dengan kanker ovarium stadium 3 memiliki tingkat harapan hidup dalam lima tahun sebesar 39-59%. Variasi angka tersebut dipengaruhi oleh tipe stadium kanker, tipe kanker dalam merespon pengobatan, dan kondisi umum penderitanya.

Macam-macam kanker ovarium stadium 3
Seperti yang diuraikan sebelumnya, variasi angka tingkat harapan hidup salah satunya dipengaruhi oleh tipe stadium kanker. Pada stadium 3 kanker ovarium dibagi lagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
·         Stadium 3A1 di mana kanker telah menyebar ke panggul dan kelenjar getah bening di belakang perut. Stadium 3A2 adalah di mana sel kanker ovarium ditemukan di dalam lapisan perut dan di kelenjar getah bening. Pada kedua stadium ini tingkat harapan hidup sekitar 59%.
·         Stadium 3B ditandai dengan pertumbuhan kanker berukuran kurang atau sama dengan dari 2 cm di lapisan perut. Pada stadium ini tingkat harapan hidup menjadi 52%.
Stadium 3C terjadi apabila kanker ovarium telah menyebar jauh hingga ke kelenjar getah bening di perut, ke luar panggul, dan ukuran diameter kanker lebih dari 2 cm. Tingkat harapan hidup selama lima tahun pada stadium 3C adalah 39%. Beberapa tindakan perawatan seperti histerektomi dan salpingo-ooforektomi, operasi debulking, dan kemoterapi dapat dilakukan untuk mengatasi kanker ovarium stadium 3C.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan