Apa Saja Asupan yang Cocok dalam Diet Ibu Menyusui?

Saat hamil, mungkin banyak pantangan yang tidak boleh kamu konsumsi, contohnya durian, mie instan, sashimi, kopi, dan makanan-makanan lainnya. Setelah melahirkan, godaan untuk kembali mengonsumsi makanan tersebut semakin meningkat, padahal kamu perlu melakukan diet ibu menyusui.

Diet Ibu Menyusui
Diet Ibu Menyusui
Makan sembarangan pun dilakukan tanpa memikirkan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, padahal kamu harus menyusui. Saat menyusui, ibu tentunya tidak boleh makan sembarangan. Bila kamu makan sembarangan, kualitas ASI dan nutrisi yang diserap bayi bisa terpengaruh.

Selain itu, berat badan kamu juga semakin sulit untuk dikontrol. Pasti kamu ingin bentuk tubuh kamu kembali seperti sebelum hamil, bukan? Nah, akan lebih baik bila kamu melakukan diet. Namun, kamu harus ingat bahwa asupan diet ibu menyusui haruslah sehat dan bernutrisi. Jadi, apa saja asupan diet ibu menyusui yang sehat dan bernutrisi?

Asupan Diet Ibu Menyusui yang Sehat dan Bernutrisi

1. Produk Susu Rendah Lemak

Sebagian orang termasuk kamu mungkin menyukai susu, yogurt, ataupun keju. Asupan diet yang sehat dan bernutrisi bagi ibu menyusui bisa kamu temukan dalam produk-produk olahan susu tersebut. Susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang bayi.

Selain itu, susu juga bisa memberi vitamin D, protein, dan vitamin B tambahan. Minumlah susu sebanyak tiga gelas dalam sehari agar kebutuhan kalsium, serta energi kamu dan bayi bisa terpenuhi meski melakukan diet.

2. Air

Menjadi seorang ibu menyusui pasti dibutuhkan banyak energi karena dalam merawat bayi tentu sangat menguras tenaga. Hal tersebut bahkan bisa menyebabkan ibu menyusui mengalami dehidrasi.

Kebutuhan ibu akan cairan pun harus selalu terpenuhi untuk menjaga energi dan produksi ASI, terutama bila ibu melakukan diet. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan minum air putih.

Dengan minum air putih, staminamu bisa terjaga dan kebutuhan tubuh akan air pun terpenuhi. Selain itu, sebisa mungkin kamu membatasi diri untuk tidak minum kopi atau teh karena bisa menyebabkan tidur bayi tidak nyenyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan