Tahun Politik Jalan, Begitupun dengan Ekonomi Indonesia

Tahun Politik masih memiliki banyak imbas ke dunia ekonomi dan perdagangan di Indonesia. Imbas dari adanya tahun politik ini sangat berpengaruh ke peforma ekonomi di Indonesia. Memang ada begitu banyak kebijakan baru yang membuat ekonomi beberapa waktu terakhir meningkat, namun perlu dilihat juga beragam untung rugi dalam menerapkan berbagai kebijakan yang ada.

Tahun Politik
Tahun Politik
kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat turun lebih dari 10% pada 2008, 2013, 2015, dan 2018. Namun, anjloknya IHSG tersebut disebabkan oleh faktor global. Krisis 2008 disebabkan oleh krisis finansial di Amerika Serikat (AS) yang berdampak pada berbagai negara lainnya. Krisis pada 2013 disebabkan oleh taper tantrum akibat rencana Bank Sentral AS (The Fed) menaikkan suku bunga acuan dan mengakhiri stimulus ekonominya. Adapun gejolak di pasar keuangan sepanjang tahun ini lebih dipengaruhi oleh isu perang dagang (trade war) antara AS dan Tiongkok.

Akankah tahun politik ini akan membuat kinerja ekonomi jauh lebih baik atau malah biasa-biasa saja? Kita semua mengharapkan opsi pertama, karena bagaimanapun kegiatan ekonomi dijalankan oleh seluruh masyarakat dan melibatkan ratusan juta masyarakat. Apapun momennya, ekonomi harusnya menjadi satu prioritas yang tak boleh ditinggalkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan