Sungai Citarum Akan Lebih Dapatkan Perhatian

Pembenahan Sungai Citarum akan coba dilaksanakan dalam waktu dekat. Pemerintah sendiri sudah menyiapkan anggaran sebesar 1,3 triliun rupiah demi menata ulang salah satu sungai paling terkenal di kawasan jabodetabek ini. Ada beragam alasan terkait pembenahan ini, terutama terkait minimalisir banjir yang kemungkinan terjadi bila konsep sungainya masih dalam tatanan lama. Karena bagai manapun debit air selalu naik dari tahun ke tahun dan dikhawatirkan akan menyebabkan banjir di daerah hilir.

Sungai Citarum
Sungai Citarum
Pendanaan bakal digunakan untuk pembelian mesin pembakar sampah (incinerator) yang akan ditempatkan pada bantalan sungai. Sebanyak 2 incinerator buatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah diuji coba dengan capaian pemusnahan 7,5 ton sampah per hari. Dia juga menjelaskan, dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pengadaan alat untuk memperdalam dasar sungai sekitar 30 unit, penanaman pohon, pemasangan instalasi pengolahan limbah industri, dan pemberesan keramba jaring apung.

Sebuah langkah positif yang kembali dilakukan oleh pemerintah dan semoga hal ini dapat menjalar ke berbagai sungai lainnya di Indonesia. Ada beragam hal yang membuat bencana itu terjadi, dan bentuk penanganan seharusnya sudah dilakukan sejak dari dini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan