Pertumbuhan Ekonomi 2019 di Tahun Politik

Pertumbuhan Ekonomi 2019 diprediksi akan terpengaruh oleh beberapa hal, salah satunya adalah pengaruh bunga tinggi yang mungkin masih akan dirasakan sepanjang tahun 2019 nanti. Bunga tinggi ini adalah langkah progresif pemerintah dalam membentuk dan menahan perekonomian agar lebih kuat dan tak terkesan monoton.

Pertumbuhan Ekonomi 2019
Pertumbuhan Ekonomi 2019
Kenaikan bunga acuan tersebut akan diimbangi dengan kebijakan yang dapat menopang pertumbuhan, seperti paket kebijakan pada sektor riil yang akan menjaga momentum investasi. Adapun, pemerintah baru saja meluncurkan paket kebijakan ekonomi terbaru guna menarik investasi asing masuk. Pertumbuhan ditopang oleh investasi dan konsumsi. Investasi didorong oleh pembangunan infrastruktur dan harga komoditi yang kompetitif. Sementara itu, konsumsi diperkirakan tetap terjaga. Hal itu dengan melihat indikator keyakinan konsumen. 

Apa yang bisa kita katakan dari adanya rencana kenaikan bunga ini? Semoga semuanya masih dalam batas yang normal dan tidak mengganggu perekonomian secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan di 2019 nanti perekonomian Indonesia juga akan dipengaruhi oleh banyak hal seperti tahun politik dan perubahan kebijakan yang lebih populis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan