Ide Penerapan Uang Braille

Pembuatan Uang Braille yang diusung oleh pasangan nomor urut dua yakni Prabowo-Sandi menjadi isu yang menarik bagi sebagian orang. Hal ini karena jenis uang yang diusulkan nyatanya sudah diterapkan dalam mata uang yang saat ini digunakan, penggunaan uang braille sebenarnya untuk memudahkan para penyandang disabilitas dalam mengenali uang yang mereka miliki. Namun, bagi sebagian kalangan justru uang ini akan membuat penyandang disabilitas makin terkucilkan.

Uang Braille
Uang Braille
Keberpihakan terhadap para penyandang disabilitas tidak bisa diterapkan melalui pembuatan uang braille. Seharusnya, menurut Yustitia, keberpihakan dilakukan dengan mendorong edukasi kepada masyarakat bahwa penyandang disabilitas merupakan bagian dari keberagaman. Masyarakat pun masih banyak menilai infrastruktur berupa akses terhadap penyandang disabiitas tidak begitu diperlukan. Padahal, infrastruktur itu penting untuk membantu para penyandang disabilitas untuk bisa berkegiatan. Lebih lanjut, akses tersebut dapat berguna bagi masyarakat secara umum ketika mereka tertimpa kecelakaan.

Akankah uang braille ini benar-benar butuh untuk dibuat? Sebuah usulan yang seharusnya dipertimbangkan, apalagi demi membuat masyarakat lebih terayomi oleh pemerintah dan beragam programnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan