Menumbuhnya Utang Luar Negeri Swasta

Bayang - bayang bahayanya Utang Luar Negeri Swasta terus menghantui perekonomian tanah air. Merujuk apda data yang dikeluarkan oleh BI (Bank Indonesia) menyebutkan bahwa utang luar negeri swasta telah tumbuh dengan sangat cepat. Pertumbuhan utang luar negeri swasta ini nyatanya dapat tubuh cepat 2 sampai dengan 3 kali lipat dari tumbuhnya utang luat negeri Pemerintah Indonesia.
Utang Luar Negeri Swasta
Utang Luar Negeri Swasta

Sejalan dengan kondisi yang terjadi tersebut, banyaknya jumlah utang luar negeri milik swasta yang berada di Indonesia telah bengkak hingaa kembali melebihi milik dari Pemerintah. Pada per bulan Bulan Oktober 2018 yang lalu saja, utang luar negeri swasta yang termasuk di dalamnya ada BUMN (bdan usaha milik negara) tercatat sebesar 182,2 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan angka sebesar 2.639 triliun rupiah.

Atau dengan kata lain, pertumbuhan utang luar negeri swasta telah tumbuh sebesar 7,7% secara tahunan. Pertumbuha utang luar negeri swasta ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan per bulan september 2018 yang hanya sebesar 6,7% secara tahunan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan