Pelonggaran DNI Jadi Jalan Pintas

Pelonggaran DNI disikapi bermacam-macam oleh pengusaha, ya hal ini karena pelonggaran DNI ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap investasi asing yang masuk ke Indonesia. Namun dampak negatifnya juga terasa yakni sulitnya mengontrol dari investasi ini sehingga akan menylitkan pengusaha lokal dalam bersaing dan memperebutkan pasar yang sama.

Pelonggaran DNI
Pelonggaran DNI
Apindo menyoroti sejumlah sektor  yang dikeluarkan dari daftar DNI seperti survei, penyewaan mesin, dan akupuktur merupakan beebrapa  kegiatan usaha yang banyak dilakukan para pengusaha lokal. Sedangkan sektor pembangkit tenaga listrik juga menjadi salah satu yang kurang menarik karena realisasinya sudah berjalan. Karenanya, relaksasi DNI dalam Paket Kebijakan Ekonomi ke-16 dinilai tak akan optimal jika dibandingkan dengan  tax holiday dan devisa hasil ekspor.  Kebijakan DHE  dinilainya bagus karena bisa memperbaiki defisit neraca untuk membantu penguatan rupiah. Sedangkan tax holiday menurutnya mulai banyak dimanfaatkan  pelaku usaha.

Apakah pelonggaran DNI ini memerlukan revisi lebih lanjut? Jika memang memungkinkan untuk memperbaiki peraturan yang ada, itu hal yang bagus. Namun tentu semua ada risikonya dan pemerintah sudah seharusnya memiliki beragam alternatif untuk ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan