Salah Satu Penyebab Cedera Kepala Berat adalah Hujan


Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi kapan saja. Salah satu risiko kecelakaan lalu lintas bagi pengendara kendaraan bermotor adalah cedera kepala berat. Cedera kepala berat membuat pasien tidak sadar dan mengancam nyawa.

Cedera Kepala Berat
Cedera Kepala Berat
Seseorang dikatakan cedera kepala berat saat kesadaran orang itu turun berdasarkan skor Glasgow Coma Scale. Selain itu, cedera kepala berat juga memiliki beberapa gejala seperti sakit kepala, muntah, amnesia, tidak dapat bicara, hingga kejang.

Sekarang pasti Anda bertanya-tanya, lalu, bagaimana hujan dapat menjadi penyebab cedera kepala berat? Tentu terkena air hujan saja tidak akan membuat Anda mengalami cedera kepala berat. Hujan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan hingga berisiko mengalami cedera kepala berat.

Faktor risiko cedera kepala berat saat kecelakaan

Dalam sebuat riset dari Puslitbang mengenai gambaran kecelakaan lalu lintas di Indonesia tahun 2014, ditemukan bahwa cedera kepala merupakan penyebab paling banyak meinggalnya pengendara kendaraan yang mengalami kecelakaan.
Selain itu, terdapat 4 faktor yang memengaruhi terjadinya kecelakaan yang terbagi menjadi
1.    Faktor pengemudi
Tiga hal yang berpengaruh dalam faktor pengemudi yaitu melanggar tata tertib, lengah, dan melebihi batas kecepatan.

2.    Faktor kendaraan
Pada faktor kendaraan, paling banyak penyebab kecelakaan terjadi akibat tidak berfungsinya lampu kendaraan, kemudi yang kurang baik, dan rem yang tidak berfungsi.

3.    Faktor kondisi jalan
Faktor jalan seperti jalan yang rusak atau berlubang, tidak ada rambu jalan, dan tikungan tajam ternyata juga menjadi penyebab kecelakaan.

4.    Faktor alam
Selain ketiga faktor di atas, alam pun berperan dalam risiko terjadinya cedera kepala berat akibat kecelakaan. Keadaan hujan merupakan penyebab tersering terjadinya kecelakaan yang dapat berujung dengan cedera kepala berat. Sebanyak 82% kecelakaan terjadi pada saat hujan di tahun 2013.
Namun, tentu saja hujan tidak dapat Anda cegah dan salahkan ketika terjadi kecelakaan hingga cedera kepala berat. Faktor-faktor inilah yang bisa membuat pasien mengalami kecelakaan hingga cedera kepala berat.
Oleh karena itu, mematuhi tata tertib lalu lintas, berhati-hati dalam berkendara dan memohon lindungan dari Yang Maha Kuasa kemana pun Anda pergi penting untuk diperhatikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan