Mitos Gejala GERD Ini Perlu Diperhatikan


GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan gangguan sistem pencernaan yang terjadi ketika asam lambung mengalir kembali (refluks) ke dalam kerongkongan atau esofagus.

Gerd
Gerd
Makanan pedas selalu jadi penyebab

Makanan yang pedas selalu disalahkan sebagai penyebab terjadinya gejala GERD. Padahal, tidak selalu demikian. Memang makanan pedas bisa memicu terjadinya gejala GERD. Namun, lambung setiap orang memiliki respons yang berbeda terhadap pedas. Coba cek kembali makanan yang Anda makan, apakah hanya pedas? Makanan atau minuman asam, bersoda, berkafein, atau beralkohol bisa jadi penyebab gejala GERD.

2.    Anda tidak mengalami GERD jika tidak merasakan panas di dada

Memang gejala GERD yang paling sering diderita adalah rasa panas di dada saat setelah makan terutama ketika dalam posisi berbaring. Namun, jangan salah, gejala GERD bukan itu saja. Ketika Anda mengalami batuk-batuk yang ada gangguan dalam pernapasana atau bau mulut ketika gigi dan gusi Anda baik-baik saja, bisa jadi Anda sedang mengalami gejala GERD.

3.    GERD akan sembut setelah minum obat

Sebuah pemikiran yang salah ketika Anda mengira obat saja dapat mengatasi gejala GERD yang Anda alami. Obat memang dapat membantu menetralkan asam lambung atau mengurangi produksi asam lambung. Namun jika tidak diimbangi dengan pola makan, pilihan makanan, dan kebiasaan setelah makan yang baik, maka gejala GERD akan sulit untuk hilang dan akan terus berulang.

4.    GERD hanya membuat Anda tidak nyaman

Sebagian orang berpikir gejala GERD hanya membuat tidak nyaman dan tidak memberi perhatian lebih lanjut. Namun, kenyataannya, tahukah Anda apa yang dapat terjadi ketika kerongkongan Anda terus-menerus terkena asam lambung? Lapisan sel pada kerongkongan Anda akan rusak dan berubah. Kondisi ini lama-lama dapat memicu terjadinya kanker pada kerongkongan Anda.
Semoga informasi tersebut membuat Anda lebih aware terhadap gejala GERD, terutama bagi Anda yang mengalaminya. Jangan sepelekan GERD yang terus menerus Anda alami. Milikilah pola makan dan pola hidup sehat untuk mengatasi gejala GERD Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan