Kedutan Mata Kiri Atas? Mungkin Mata Sudah Lelah Menatap Layar Komputer

Kedutan mata kiri atas dipercaya sebagai pertanda akan mendapat keberuntungan atau pertanda akan ada pertemuan kembali dengan orang yang sudah lama tak jumpa. Tak heran, sih, muncul kepercayaan-kepercayaan seperti itu, karena kedutan mata pernah dialami oleh sebagian besar orang dan tidak ada kejelasan penyebab serta umumnya tidak ada dampak fisik apa pun yang ditimbulkan.

kedutan mata kiri atas
kedutan mata kiri atas
Kedutan mata adalah denyutan-denyutan yang terjadi otomatis akibat adanya kejang ringan otot-otot di sekitar mata, istilah medisnya myokymia.  Kejang ringan pada otot tidak hanya menyebabkan kedutan mata kiri atas, tapi bisa juga terjadi di mata kanan atas atau di bagian bawah mata.

Salah satu hal yang diperkirakan bisa menimbulkan kedutan mata adalah digital eye strain, yaitu kelelahan mata akibat terlalu banyak menatap layar ponsel dan layar komputer. Selain kedutan mata, gejala lain dari digital eye syndrome adalah mata kering, penglihatan agak buram, mata merah, pegal-pegal di leher dan bahu serta sakit kepala.
Beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kelelahan mata ketika bekerja di depan komputer antara lain:

Sesuaikan pencahayaan.
Pencahayaan ruangan tempat kerja yang terlalu terang bisa datang dari sinar matahari di luar atau dari lampu di dalam ruangan kerja. Saat sedang menggunakan komputer pencahayaan ruangan tempat kerja sebaiknya tidak terlalu terang benderang.
Gunakan vitrase atau kaca film agak gelap untuk mengurangi masuknya sinar matahari yang terang dari luar jendela ruang kerja. Lebih baik posisikan komputer sedemikian rupa hingga pencahayaan matahari datang dari arah samping, bukan dari depan atau belakang Anda. Ketika menggunakan pencahayaan dalam ruang, kurangi lampu yang dinyalakan atau gunakan lampu yang berdaya lebih rendah supaya ruangan cukup terang tapi tidak terang benderang.

Sesuaikan pengaturan di layar komputer
Sesuaikan gelap-terangnya layar komputer agar kira-kira sama dengan tingkat pencahayaan di ruang kerja. Jika layar komputer tampak sangat terang bak sumber cahaya dalam ruangan berarti layar Anda terlalu terang, jika tampak buram berarti layar terlalu gelap.

Sering-sering mengedipkan mata
Berkedip akan melembapkan bola mata sehingga mencegah terjadinya mata kering. Ketika sedang focus bekerja menatap layar komputer, tanpa sadar kita jadi lebih jarang mengedipkan mata. Padahal lama menatap layar plus suhu ruang kantor yang biasanya ber-AC membuat mata kering dan mudah teriritasi

Kedutan mata yang menandakan mata lelah umumnya berlangsung hanya sebentar. Kalau kedutan mata yang Anda alami berlangsung sampai berjam-jam atau berhari-hari, konsultasilah dengan dokter, karena kedutan mata bisa jadi gejala gangguan saraf.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan