Mengapa Alas Kaki Bisa jadi Penyebab Tumit Bengkak? Ini Jawabannya


Tumit merupakan bagian kaki yang sering mengalami bengkak. Banyak hal yang menjadi penyebab tumit bengkak, di antaranya adalah pemilihan alas kaki.

Tumit Bengkak
Tumit Bengkak

Seringkali kita mengutamakan fashion dalam memilih alas kaki. Pada awalnya mungkin kita bangga saat memakainya ke mana pun kita pergi. Namun, lama-kelamaan mulai muncul rasa tidak nyaman paka kaki hingga tumit bengkak.

Salah memilih alas kaki bisa membuat masalah pada telapak kaki Anda. Telapak kaki memiliki sebuah jaringan yang menghubungkan tulang tumit dan ibu jari. Jaringan ini bisa meradang apabila kondisi kaki, kondisi tempat berpijak, dan alas kaki di antaranya tidak sesuai.

Kondisi peradangan ini menyebabkan timbulnya tumit bengkak dan rasa sakit pada tumit bagian bawah.

Cara memilih alas kaki untuk mencegah tumit bengkak

Agar terhindar dari tumit bengkak, pilihlah alas kaki atau sepatu yang sesuai bagi Anda dengan beberapa tips berikut.
1.    Beda aktivitas, beda sepatu
Tentu saja sepatu untuk bekerja kantoran tidak sama dengan untuk berlari. Bahkan sepatu untuk bermain sepak bola tidak sama dengan sepatu lari. Pastikan Anda memiliki sepatu tersendiri untuk aktivitas tertentu yang melibatkan kaki Anda.

2.    Ukuran yang sama belum tentu pas
Siapa bilang ukuran kaki tidak berubah saat Anda dewasa? Setiap mencari sepatu, pastikan kembali bahwa ukuran tersebut memang pas dengan kaki Anda. Mungkin ini salah satu penyebab banyak online shop penjual sepatu dihujani komplain dari konsumen.

3.    Mencari sepatu setelah selesai beraktivitas
Sebaiknya Anda mencari sepatu saat selesai bekerja dan beraktivitas. Aktivitas sehari-hari Anda dapat membuat kaki lebih besar dibanding saat pagi hari sebelum Anda beraktivitas.

4.    Bawa kaos kaki Anda sendiri
Saat mencoba sepatu, pakailah kaos kaki Anda sendiri untuk memastikan ukuran sepatu tersebut pas dengan kaki Anda ketika menggunakan kaos kaki.

5.    Aturan jempol
Jarak antara ujung jempol dan ujung sepatu dengan tumit menempel di ujung satunya paling tidak selebar jari jempol tangan Anda. Jarak yang terlalu jauh dapat membuat tumit Anda tidak pada posisinya saat berjalan.

6.    Harga menentukan kualitas, tapi tidak selalu
Memang benar harga menentukan kualitas. Dengan teknologi pada sepatu yang semakin berkembang, otomatis harga sebuah sepatu akan meningkat. Namun, harga yang terlalu tinggi yang dikarenakan model atau tambahan pada sepatu belum tentu membuat sepatu tersebut nyaman untuk kaki Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan