Ada 3 Jenis Pengganti Gigi Ompong, Apa yang Paling Bagus?

Gigi ompong dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari kerusakan gigi akibat infeksi hingga kecelakaan. Seringkali kondisi ini membuat kita merasa tidak nyaman. Kemampuan mengunyah makanan hingga estetika bisa terganggu karena masalah ini.

Gigi Ompong
Gigi Ompong
Bukan lagi rahasia bahwa penanganan terbaik gigi ompong adalah dengan menggunakan gigi palsu. Beberapa jenis gigi palsu yang dapat dipilih, di antaranya denture, implan, dan bridge. Sebelum memilih, ada baiknya kita mengenali ketiga tipe gigi palsu pengganti gigi ompong.

1. Denture
Denture adalah pilihan yang sering digunakan. Pemakaiannya mudah dilepas pasang menggantikan gigi ompong dan jaringan di sekitarnya. Ada dua tipe denture yang dapat dipilih, yaitu utuh dan parsial.

Penggunaan denture memiliki kelebihan dari segi harganya yang murah. Selain itu, denture lebih mudah diperbaiki apabila mengalami kerusakan.

Kekurangannya adalah mudah rusak atau hilang, dan lebih tidak stabil dibandingkan pilihan pengganti gigi ompong lainnya. Beberapa orang juga merasa malu jika perlu melepas gigi untuk dibersihkan pada malam hari.

2. Bridge
Pemasangan gigi palsu dengan bridge berdasarkan prinsip penutupan ruang gigi ompong dengan gigi palsu yang akan ditopang oleh gigi di sampingnya. Penggantian gigi palsu dengan bridge terdiri dari empat tipe.

Kelebihan dari penggunaan bridge adalah tampilannya menyerupai gigi normal dan tidak perlu dilepas untuk dibersihkan sehingga lebih praktis. Harganya juga tergolong murah jika dibandingkan dengan implan.

Sementara itu, kekurangan utama dari bridge adalah gigi palsu ini akan memengaruhi gigi sehat di sebelah kanan dan kiri dari gigi ompong.

3. Implan
Implan gigi dilakukan dengan memasang akar alternatif sebagai pengganti akar gigi ompong. Akar alternatif berbentuk seperti sekrup dan berperan sebagai fondasi. Pada bagian atasnya akan dipasangkan gigi palsu sehingga akan menyerupai tampilan gigi normal.

Dengan penampilan yang bagus dan paling kuat, implan gigi memiliki harga yang paling mahal dibandingkan pilihan lainnya. Tidak seperti bridge, gigi di sebelah gigi ompong tidak terpengaruh sehingga gigi-gigi lain tetap sehat.

Sementara itu, kekurangan dari implan adalah tidak semua orang cocok menerima perawatan ini karena diperlukan operasi untuk pemasangan implan.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing gigi palsu, kini saatnya memilih pengganti gigi ompong yang paling cocok bagi Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan