Lakukan Gerakan Ini untuk Hilangkan Sakit Rahang

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit rahang adalah dengan pijat. Pijatan pada rahang mampu meredakan rasa nyeri dengan melemaskan otot yang kencang dan melancarkan peredaran darah. Lakukan pijatan beberapa kali dalam sehari dengan mengikuti tips-tips berikut:

Sebelum memijat, cucilah tangan terlebih dahulu.
Buka mulut, lalu gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat daerah di depan telinga yang merupakan tempat sendi temporomandibular. Pijat dengan gerakan memutar atau sirkular pada kedua sisi. Setelahnya, lakukan pijatan dengan mulut tertutup.
Pijatan juga dilakukan pada bagian dalam mulut. Buka mulut dan raba bagian otot yang nyeri.
Pijat leher pada kedua sisi. Otot leher juga berperan dalam pergerakan sendi rahang. Saat terjadi sakit rahang, umumnya otot leher akan terasa tegang.

Sakit Rahang
Sakit Rahang

Selain dipijat, ada juga gerakan latihan pada rahang yang membantu meredakan nyeri. Latihan pada rahang bisa memperkuat otot rahang dan melemaskan otot. Selain itu, juga dapat meningkatkan mobilitas sendi rahang dan merangsang terjadinya penyembuhan.

Gerakan Olahraga Rahang untuk Menghindari Sakit Rahang

Berikut ini contoh gerakan latihan pada rahang yang direkomendasikan oleh American Academy of Family Physicians (AAFP):
1. Gerakan relaksasi rahang
Caranya dengan memposisikan lidah di bagian atas mulut (belakang gigi depan rahang atas), kemudian buka mulut secara perlahan.

2. Gerakan goldfish membuka sebagian
Seperti pada gerakan pertama, posisikan lidah di bagian atas mulut. Letakkan satu jari pada sendi rahang (di bagian depan telinga). Letakan jari tengah atau telunjuk tangan lainnya pada dagu. Buka rahang sebagian kemudian tutup kembali.

Saat melakukan gerakan, kamu akan merasakan tekanan ringan, tetapi tidak terasa sakit. Lakukan gerakan sebanyak 6 kali dalam satu kali latihan. Ulangilah 6 kali dalam sehari.

3. Gerakan goldfish membuka penuh
Gerakan ini memiliki cara yang sama dengan latihan nomor dua. Perbedannya adalah rahang dibuka sepenuhnya.

4. Tahanan membuka dan menutup mulut
Posisikan ibu jari pada bawah dagu. Buka mulut perlahan melawan tahanan. Tahan 3-6 detik kemudian tutup mulut perlahan.

Tahanan menutup mulut dilakukan dengan menjepit dagu menggunakan ibu jari dan telunjuk, tutup mulut secara perlahan. Hal ini dapat memperkuat otot mengunyah.

Sebelum melakukan latihan ini, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter kamu mengenai kecocokan latihan ini bagi kondisi sakit rahang yang kamu alami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan