Mengenal Istilah Jetlag untuk yang Hobi Travelling

Kamu suka traveling ke berbagai negara? Kalau iya, mungkin kamu pernah mengalami jet lag. Saat kamu terbang ke berbagai negara yang zona waktunya berbeda, tentu kondisi tubuh kamu akan mengalami perubahan. Ini bisa termasuk ke dalam gangguan ritme sirkadian. Kamu harus mengetahui apa itu jetlag.
Apa itu Jetlag
Apa itu Jetlag
Jetlag merupakan suatu kondisi yang terjadi saat jam internal tubuh tidak sinkron dengan waktu di tempat kamu yang baru. Jam internal tubuh tentu mencoba menyesuaikan diri dengan perubahan zona waktu yang terjadi.
Jetlag bisa sangat memengaruhi kualitas tidur kamu. Sebelum berpergian ke tempat yang zona waktunya berbeda, pasti kamu memiliki jam tidur normal. Namun, jam tidur kamu bisa berubah ketika berpergian. Kamu juga bisa kesulitan untuk tidur karena tidak terbiasa dengan jam tidur pada zona waktu yang baru.
Sebisa mungkin kamu harus menyesuaikan diri dengan jam tidur di tempat yang baru, agar tidak mengganggu aktivitas yang akan kamu lakukan di sana. Kamu juga dapat melakukan berbagai cara agar bisa tidur nyenyak selama perjalanan.

Tidur Nyenyak Selama Perjalanan untuk Hindari Jetlag
Saat jauh dari rumah, sebagian orang mengeluh susah tidur. Mungkin kamu juga begitu. Tapi, kamu bisa mengikuti cara berikut ini, agar tidur bisa lebih nyenyak selama perjalanan:
  1. Membawa bantal atau selimut favorit. Hal ini bisa membantu kamu beradaptasi dengan baru, agar merasa senyaman di kamar sendiri.
  2. Membawa benda pribadi, misalnya mug atau foto. Ini bisa membuat kamu merasakan suasana seperti di rumah.
  3. Gunakan penutup mata. Penutup mata bisa membantu kamu terhindar dari cahaya yang terang sehingga kamu bisa tidur nyenyak.
  4. Minta kamar hotel yang tidak berisik. Mintalah kamar yang letaknya di ujung, atau jauh dari orang yang bolak-balik lewat, agar kamu tenang.
  5. Atur suhu kamar. Kamu bisa mengatur suhu kamar jadi 23 derajat Celcius, agar nyaman, tidak terlalu panas maupun dingin
Dengan mengikuti cara itu, kamu pun bisa meringankan jetlag yang mungkin terjadi setelah berpergian dengan pesawat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan