Asam Traneksamat Metode Ampuh Atasi Flek?

Duh, kok banyak flek-flek coklat sih di mukaku? Mungkin pernyataan ini pernah terlontar dari mulutmu. Nama flek-flek coklat menjengkelkan ini adalah melasma. Katanya sih melasma bisa dibasmi dengan asam traneksamat.

Asam Traneksamat
Asam Traneksamat
Melasma paling sering muncul di area tubuh yang sering terekspos seperti di batang hidung, dahi, pipi, bagian atas bibir, lengan atas, leher, dan bahu.

Memang si melasma ini nggak berbahaya untuk kesehatan, namun bagi kamu yang sadar penampilan, melasma bisa jadi musuh besar.

Lalu, apa saja si penyebab si bandel melasma ini dan bagaimana cara menghilangkannya? Yuk simak sampai tuntas.

Penyebab melasma

Saat ini penyebab pasti terjadinya melasma belum diketahui, namun ada beberapa hal yang diyakini menyebabkan kamu gampang terkena melasma yaitu:
·         Perubahan hormon misalnya ketika hamil atau sedang menjalani pengobatan hormon atau sedang mengkonsumsi pil KB
·         Kulit sering terpapar sinar matahari
·         Produk-produk kecantikan tertentu
·         Stress
·         Penyakit tiroid

Selain faktor-faktor di atas, faktor keturunan juga memegang peran penting terjadinya melasma.

Asam traneksamat untuk mengatasi melasma yang membandel

Bila sudah terlanjur mengalami melasma dan memang terasa cukup mengganggu, kamu dapat berkonsultasi ke dokter kulit.

Dokter kulit biasanya akan menawarkan berbagai pilihan pengobatan melasma. Salah satu pengobatan melasma baru-baru ini yang lagi “in” banget di dunia dokter kulit adalah asam traneksamat.

Asam traneksamat diperuntukkan bagi melasma yang bandel yang tidak bereaksi terhadap pengobatan melasma pada umumnya seperti krim Hydroquinone atau krim campuran, yang mengandung Hydroquinone, Kortikosteroid, dan Tretinoin.

Bila dirasa setelah 12 minggu pengobatan dengan krim Hydroquinone atau krim campuran melasma tidak membaik, asam traneksamat dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pil asam traneksamat dosis kecil telah terbukti dapat mengatasi melasma terutama pada kulit orang Asia dalam jangka waktu yang singkat yaitu hanya dalam waktu 8-12 minggu. Efek sampingnya pun ringan dan sedikit.

Selain asam traneksamat, cara lain yang dianjurkan untuk mengatasi melasama yang bandel adalah prosedur pengelupasan kulit dengan alat (mikrodermabrasi) atau dengan zat kimia tertentu, prosedur laser dan sinar.

Nah, sementara saat kamu menjalani pengobatan melasma, supaya flek-flek coklat di kulit tidak semakin parah, ada baiknya kamu mengurangi terkena sinar matahari yaitu dengan memakai topi atau krim tabir surya selama di luar ruangan ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan