Ekspor Batik Indonesia yang Tertinggi

Bagaimana batik bisa terus menjadi ciri khas pakaian asli Indonesia? Salah satunya adalah dengan mengenalkannya ke dunia luar bahwa keindahan batik ini memang tak hanya bisa dinikmati masyarakat lokal saja, namun bisa juga dikenakan oleh semua orang di seluruh dunia. Tentunya salah satu yang menjadi konsen besarnya adalah, bagaimana keadaan Ekspor Batik saat ini?

Ekspor Batik

Data Kemenperin menunjukkan bahwa pada tahun 2016 ekspor produk ini mencapai Rp 9,92 triliun. Angka ini merupakan angka yang sangat besar, yang tujuan ekspornya diantaranya adalah Amerika dan negara-negara di kawasan Eropa. Batik telah menjadi salah satu simbol negara ini yang memiliki ciri khas yang sangat unik. Jika dibandingkan dengan pakaian formal yang biasa dikenakan dalam dunia kerja, batik mengandung sisi keindahan, elegan dan segar. Mempromosikan batik sudah dilakukan oleh pemerintah semenjak dulu seperti pada promosi destinasi wisata yang terintegrasi dengan produk lokal seperti batik ini.

Sumbangsih batik terhadap PDB juga cukup tinggi serta mampu meningkatkan devisa negara. Batik menjadi ikon yang harus terus dijaga kelestariannya. Semakin sering kita memakai batik, maka potensi batik untuk makin dikenal dan dikenakkan di dunia akan makin tinggi. Karena bagaimanapun dengan mempopulerkan produk sendiri, maka batik Indonesia bisa makin maju mengalahkan produk-produk bermerek luar negeri.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi

Perbaikan Saham Grup Lippo Perlu Dilakukan

Pendapatan Nasional Indonesia Alami Kenaikan